Banjir di Jakarta 2018: Salahkan Penguasa Lama!

MOBIL pertama gue Starlet tua tahun 1987. Waktu gue beli butut banget. Karat di mana². Suaranya nyaring akibat ketukan piston yg sudah oblak. Tapi gue suka, krn bisa gue beli dengan harga murah.

Sisa duit, gue pake buat memperbaiki bagian vital mesin. Yg gak penting gue perbaiki pelan² dan sedikit demi sedikit. Pokoknya mobil gak mogok atau ngadat kalo dibawa ke mana².

Bulan demi bulan, mobil itu terus gue renovasi pake duit setiap gajian. Alhasil, mobil layak dipakai jalan jauh. Pokoknya bersih, rapi, mulai dr mesin sampai body terawat.

Karena gue dapet jatah mobil jabatan dari kantor, Starlet itu ditawar saudara sendiri. Gue kasihlah dgn harga persaudaraan. Beres. Merdeka. Tinggal pake.

Beberapa bulan kemudian, gue ketemu lagi dgn Starlet kesayangan itu. Apa yg terjadi? Mobil itu kembali merana seperti pertama gue beli. Bentuknya gak karuan, isinya awut²an.

Siapa yg salah? Gue atau pemiliknya?

Tadi malem krn pada heboh nulis status banjir yg isinya mempertanyakan kerjaan penguasa baru, eh nongol bantahan. Nadanya langsung tinggi.

“Eh njing! Banjir itu bukan salah Anis. Dia baru menjabat berapa bulan tauk. Itu warisan Ahok. Kalo dulu Ahok emang bisa bikin Jakarta gak banjir, kenapa sekarang malah banjir. Pake otak lo dong. Dan bla bla bla … ” yg kemarahan ini diluapkan di laman Dukung Ahok Club.

Saat diem sejenak, gue langsung inget pada toyota Starlet gue yg pernah jelek, bagus, lalu jelek lagi. Meski sedih gue bersyukur gak jadi emosi sama saudara gue yg gak nyalahin gue, tp jentel mengakui salahnya krn dia gak bisa merawat setelaten gue.

Begitu juga Jakarta, ketika ditinggalkan Ahok kan baik2 aja. Kalo kemudian mulai ancur²an setelah berpindah tangan krn gak terurus dan terawat, kurang ajar sekali kalo nyalahin pemimpin lama. Jadi setelah diambil alih, ngapain aja tuh dua manusia.

Apa si wagabener masih ngotot nantang berenang ibu Susi di danau Sunter? Kenapa gak di jalan Kelapa Gading aja sekalian mumpung banjirnya gede?

Manusia aneh yg suka nyalah²in orang lain emang makin parah. Coklatlah yg di Hari Valentine dibilang pembawa maksiat. Bahasa puisi Dilanlah yg katanya gak seindah Al Qur’an. Dilan kok dicontoh. Contoh tuh Al Fatih yg umur 19 sdh jadi kalifah dan menaklukan Andalusia. Apa hubungannya coba. Lha dia sendiri umur 19 bisa ngapain? Kok ya gak nanya sama diri sendiri.

Moga² abis Imlek yg kemarin menumpahkan air hujan begitu deresnya, penguasa Jakarta mulai siuman. Kota Jakarta sekarang sudah jadi tanggung jawabnya. Jangan lagi nyalah²in penguasa lama yg sudah damai di penjara. Yg diperlukan utk menghadapi banjir ya beres² dan bersih² sebelum hujan datang. Simpel kan.

Kalo gabener dan wagabener plus pengikutnya masih berpihak pada banjir dan tetep nyalahin Ahok, pecaya deh, warga Jakarta makin bertambah rindu padanya.

catatan Ramadhan Syukur

5 Artikel terakhir di Blog Semakin Rame

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang pos baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 289 pengikut lainnya

Iklan

Silahkan Komeng gan!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.