Catatan Debat PILKADA DKI 2017. Siapa yg Terbaik? Agus? Ahok? Anies?

Nonton debat Pilkada DKI tadi ada beberapa hal yang saya catat.

Cagub 1 Agus mirip sales menawarkan dagangan sambil ngapalin scrip marketing. (aduuh…lambaian tangannya bikin kita inget sama Pepo deh. Unyu bangetz…).

Cagub 2 Ahok mirip insiyur yang sedang menjelaskan mekanisme & seluk beluk mesin yang dikuasainya. (Sukarno dan Jokowi tukang insinyur juga ya?)

Cagub 3 Anies mirip penyair ataupun dosen yang sedang beretorika.

No 1 pake jurus hapalan, nyindir dan khayalan. No 2 pake jurus data, fakta dan kenyataan. No 3 pake jurus retorika dan pencitraan. Kalo diliat gelagatnya sih, habis debat ini No 2 surveinya bakal makin melejit. No 1 bakal makin takut ikut debat lagi dan No 3 pasti bakal sibuk cari kata-kata puitis lagi.

Pas diserang dengan pertanyaan soal Alexis oleh Anies yang sebelumnya koar-koar anti narkoba, jawaban Ahok sungguh telak dan bikin wajah Anies langsung seperti dompet tanggal tua, kusut, mengkerut dan berlipet-lipet. Dia bilang dulu saya sama pak Buwas kirim proposal ke Menteri Pendidikan (Pak Anies saat itu) untuk bikin kurikulum anti narkoba tapi ditolak. Gubraak…. Ibarat tinju pasti Anies sudah langsung KO.

Tapi yang paling bikin gue ngakak adalah pertanyaan terakhir dari moderator Ira Koesno : Jika Anda terpilih sebagai Gub-Wagub DKI 2017 apakah Anda akan tergiur dengan tawaran menjadi Capres-Cawapres 2019? AHY dan Anies menjawab secara standar dan normatif. Giliran Ahok malah dia lempar ke Pak Djarot. Rupanya dia ga mau terkena jebakan batman. Pas pak Djarot bicara malah Ahok ketawa-ketiwi sendirian di belakang.

Saya yakin dalam pikirannya Ahok ngomong : “Lah kalo dicalonkan jadi Wapres apalagi Presiden ya jelas gua mau lah. Masak ada kesempatan bagus dilewatin? Lha wong senior gue aja cuma jabat Gubernur DKI 2 tahun bisa jadi presiden kok, masak gue nolak?

Tapi dia pilih diam aja. Dia takut salah ngomong lagi bisa ribuan orang turun ke jalan raya hihihi……

# Agus YudhoyoNO, Anies – Sandi uNO, Ah OK aja dah…..

sumber: catatan Muhammad Zazuli di Facebook

Celoteh Netizen

https://www.facebook.com/plugins/comment_embed.php?href=https%3A%2F%2Fwww.facebook.com%2Fmohammad.zazuli%2Fposts%2F1410520605626322%3Fcomment_id%3D1410570495621333&include_parent=false
https://www.facebook.com/plugins/comment_embed.php?href=https%3A%2F%2Fwww.facebook.com%2Fmohammad.zazuli%2Fposts%2F1410520605626322%3Fcomment_id%3D1410575728954143&include_parent=false
https://www.facebook.com/plugins/comment_embed.php?href=https%3A%2F%2Fwww.facebook.com%2Fmohammad.zazuli%2Fposts%2F1410520605626322%3Fcomment_id%3D1410575728954143&include_parent=false
https://www.facebook.com/plugins/comment_embed.php?href=https%3A%2F%2Fwww.facebook.com%2Fmohammad.zazuli%2Fposts%2F1410520605626322%3Fcomment_id%3D1410578855620497&include_parent=false
https://www.facebook.com/plugins/comment_embed.php?href=https%3A%2F%2Fwww.facebook.com%2Fmohammad.zazuli%2Fposts%2F1410520605626322%3Fcomment_id%3D1410586948953021&include_parent=false
https://www.facebook.com/plugins/comment_embed.php?href=https%3A%2F%2Fwww.facebook.com%2Fmohammad.zazuli%2Fposts%2F1410520605626322%3Fcomment_id%3D1410588358952880&include_parent=false

5 Artikel terakhir di Blog Semakin Rame

[jetpack_subscription_form title=”Yuuk langganan Blog Semakinra.me” subscribe_text=”jangan ketinggalan update terbaru kami!”subscribe_button=”Berlangganan”]

Iklan